HUMAS

Kamis, 13 Oktober 2016

Masjid Darul Falah Perintis Wakili Tapin

Rantau - Humas. Tim monitoring dan pembinaan Mesjid asal Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kalimantan Selatan, melaksanakan kegiatan monitoring dan pembinaan salah satu Masjid di Tapin, pada Senin (10/10/16) belum lama tadi.
Kedatangan tim penilai disambut hangat penuh kekeluargaan oleh Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam Kantor Kemenag Tapin H. Saberi,S.Ag, dan Ketua Pengurus Masjid Darul Falah Muhtadi dan pengurus masjid lainnya, monitoring dan pembinaan masjid itu sendiri dipusatkan di Masjid Darul Falah Desa Perintis Raya Kecamatan Tapin Utara Kabupaten Tapin, yang mewakili 131 masjid yang ada di Tapin.
Dikatakan Saberi, monitoring dan pembinaan Masjid tersebut didasarkan oleh surat Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalsel Nomor : B-2101/Kw.17.5/3/BA.03.2/09/2016 beberapa waktu lalu, surat itu kata Saberi, lebih menekankan kepada pemebinaan Masjid Jami yang terletak di pusat pemukiman di wilayah pedesaan/kelurahan yang banyak terpenuhi ketentuan-ketentuan pada bidang Idarah, Imarah dan Riayah serta dinyatakan terbaik pada Kabupaten/Kota dan bisa dibina untuk kemajuan dari ketiga bidang pembinaan masjid tersebut.
"Pembinaan dan monitoring ini juga untuk persiapan menghadapi lomba masjid Jami pada Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017 mendatang, semoga masjid Darul Falah bisa memenuhi kriteria penilaian yang di minta oleh tim dengan sebaik-baiknya." ujar Saberi.
Sementara itu. Kasi Kemasjidan Kanwil Kemenag Prov, Kalsel Drs. H. Rusbandi, MA dalam sambutannya meminta kepada pengurus Masjid Darul Falah, untuk lebih meningkatkan pengelolaan dan pemanfaatan masjid. “Manajemen masjid atau Idarah bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas pengorganisasian pengurus Masjid, pengadministrasian yang rapi dan transparan, dengan begitu tidak akan terjadi penyalahgunaan wewenang di dalam kepengurusan masjid," pinta Rusbandi.
Hal lainnya yang juga penting menurut Rusbandi adalah pemeliharan masjid (Riayah), menciptakan lingkungan masjid agar senantiasa tetap bersih, indah dan mulia sehingga memberi daya tarik dan rasa nyaman bagi siapapun yang memandang dan beribadah didalamnya."Dengan kondisi tersebut tentu mampu menjadi salah satu upaya untuk memakmurkan masjid (Imarah)," tutupnya.

Usai melaksanakan monitoring dan pembinaan di Masjid Darul Falah, selanjunya tim beranjak meninggalkan Tapin menuju Kabupaten tetangga Hulu Sungai Selatan Kandangan dan tiga Kabupaten lainnya di hulu sungai. (Rep: Isal/ Ft: Khair)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar